Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Wacanakan Lokasi Banjir di Grobogan Jadi Embung

Kompas.com - 07/05/2015, 00:40 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Banjir yang melumpuhkan Desa Tajemsari dan Desa Karangpasar, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan hingga kini masih terjadi. Banjir tahunan ini diakibatkan jebolnya tanggul sungai di Desa Cabean, Kabupaten Demak.

Agar muhibah itu tak berulang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mewacanakan 'merelokasi' para penduduk di Desa Cabean. Lokasi jebolnya tanggul sungai itu akan dialihfungsi menjadi sebuah embung atau waduk.

"Saya punya pemikiran agar banjir di Desa Cabean bisa dikonsep jadi waduk. Masa tiap musim penghujan selalu banjir? Mengapa air banjir itu tidak ditampung, apalagi sebentar lagi musim kemarau," kata Ganjar, di Grobogan, Rabu (6/4/2015).

Ide ini mengacu pada daerah yang kerap mengalami sedimentasi yang cukup tinggi. Apalagi, di daerah hulu, penebangan hutan semakin tak terkendali. "Jadi, gimana kalau itu ditumpuk jadi waduk. Daerah banjir itu butuh embung. Di sisi lain, hutan di hulu gundur, yang bawa tidak saja air, tapi semua tanahnya kebawa semua," tambahnya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, realisasi ini butuh waktu yang panjang. Sosialisasi pada warga yang terkena dampak banjir tidak semudah membalikkan tangan. Kendati begitu, wacana itu perlu dimunculkan agar warga di desa tersebut mulai bersiap-siap.

Untuk sementara, pihaknya ingin meminta bantuan kepada pihak terkait untuk mengkomunikasikan dengan warga sekitar. "Saya kemarin bersama Dandim, Polres sudah tinjau ke lokasi banjir. Butuh sosialisasi panjang untuk itu (pembangunan embung)," tukasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com