Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Korban Longsor Pangalengan Nihil, Pencarian Dilanjutkan Besok

Kompas.com - 06/05/2015, 20:15 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pencarian korban yang tertimbun longsor di Kampung Cibitung, RT/RW 01/15 Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terus dilakukan.

Hari ini, Rabu, (6/5/2015), tim gabungan, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, TNI, Polri, Basarnas, PMI, instansi terkait dan masyarakat melakukan proses pencarian korban longsor. Namun, pencarian yang dilakukan pada hari ini tidak membuahkan hasil.

"Hari ini tidak ditemukan korban tambahan, hasilnya nihil," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Sulistyo Pudjo Hartono di Bandung, Rabu (6/5/2015) malam.

Pudjo menyatakan bahwa aktivitas pencarian korban kini sudah dihentikan karena cuaca buruk. Kondisi ini berbeda seperti kemarin, Selasa (5/5/2015), yang melakukan pencarian sampai malam hari. Aktivitas terpaksa dihentikan karena ditakutkan memakan korban yang sedang melakukan proses pencarian korban.

"Pencarian sudah dihentikan sejak pukul 17.00 WIB dikarenakan cuaca hujan," kata Pudjo.

Sampai saat ini masih ada lima warga setempat yang dinyatakan hilang. Kelima warga tersebut diduga masih tertimbun tanah longsor. Korban yang dinyatakan hilang adalah Wiwi (50), Dedeh (35), Nurul (8), Ayi (42) dan Asep Juju (55).

Sementara itu, korban yang ditemukan sudah tewas mencapai empat orang, yaitu Iran Subarna (55), warga Kampung Mekarmulya, RT 5/12, Desa Margamukti; Oja (50), warga Kampung Cibitung RT 1/15, Desa Margamukti; Nayla (1,5), warga Kampung Cibitung RT 1/15, Desa Margamukti (cucu dari Oja); dan Pardi (70), suami Oja.

Puluhan korban lainnya mengalami luka berat dan ringan. Pudjo mengatakan, pencarian korban masih akan dilakukan esok hari, Kamis, (7/5/2015).

"Kita lanjutkan besok. Malam ini di sekitar TKP ada tim yang sedang berjaga-jaga, TNI dan Polri, termasuk Brimob, khususnya dari Polsek dan Koramil standby di penginapan sementara. Sambil berjaga, mereka akan mempersiapkan proses evakuasi untuk esok hari," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com