Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuburan Terpidana Mati Zaenal Abidin Disiapkan di TPU Dekat Nusakambangan

Kompas.com - 28/04/2015, 16:27 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Sebuah kuburan telah disiapkan untuk mengebumikan jenazah salah seorang terpidana mati asal Indonesia, Zaenal Abidin, di tempat pemakaman umum (TPU) dekat lokasi Pulau Nusakambangan, Selasa (28/4/2015) siang. Kuburan yang menyatu dengan pemakaman warga Cilacap tersebut telah selesai digali oleh para petugas gali kubur di TPU tersebut.

"Ini kuburan untuk Zaenal Abidin, narapidana asal Indonesia yang akan dihukum mati. Tadi saya diberitahu oleh petugas bahwa ini untuk kuburan orang Indonesia yang akan ditembak malam nanti," jelas Sukanta (53), salah satu petugas penggali kubur di lokasi TPU Selasa siang.

Sukanta mengaku sudah dua kali menyiapkan kuburan bagi narapidana yang dihukum mati di Nusakambangan. Baginya, pekerjaan tersebut merupakan salah satu tugas negara yang diamanatkan kepada dirinya.

"Saya menganggap bahwa ini adalah tugas negara yang diamanatkan ke saya," kata dia.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, di lokasi TPU saat penggalian liang lahat, banyak warga setempat yang penasaran dan melihat kuburan bagi narapidana di Nusakambangan yang dihukum mati.

"Penasaran saja mau lihat kuburannya," kata Indah (32), warga setempat yang datang ke TPU bersama anaknya.

Sementara itu, di depan Pelabuhan Wijaya Pura sampai sore ini terlihat beberapa keluarga narapidana yang turun dari kapal penyeberangan Nusakambangan. Namun, sesuai informasi yang dihimpun ada pula beberapa keluarga terpidana mati yang memilih untuk tinggal di Nusakambangan sampai malam nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com