Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Kontak Dua Warga Bandung di Nepal via Twitter

Kompas.com - 28/04/2015, 13:01 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku telah melakukan kontak dengan dua dari tiga warga Kota Bandung yang dikabarkan hilang di Nepal pasca-bencana gempa bumi beberapa waktu lalu. Pria yang akrab disapa Emil ini meminta kepada dua orang tersebut agar bertahan dulu di sana.

"Pagi tadi saya Twitter-an dengan dua warga Bandung di Nepal. Saya jawab, 'kamu sabar dulu, sebisa mungkin mengupayakan sendiri bertahan di sana," kata Emil di Balai Kota Bandung, Selasa (28/4/2015).

Selain itu, Emil meminta kepada dua orang tersebut untuk menunggu kedatangan tim khusus yang akan menjemput mereka. Dua orang yang akan dikirim tersebut merupakan pendaki profesional dari organisasi pencinta alam yang sudah hafal kondisi di Nepal, baik di lokasi gempa maupun Gunung Everest.

"Besok terbang dua orang Bandung, ahli mendaki gunung dan SAR, sambil dia mengakses keperluan apa saja yang urgent yang bisa dibantu oleh Bandung," tuturnya.

Setelah mendata kebutuhan yang diperlukan, lanjut Emil, Pemerintah Kota Bandung akan memberikan bantuan kepada warga Nepal dalam jumlah besar.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kemenlu dan pemerintah pusat. Intinya, bagaimanapun kami ingin membantu, mana saja yang paling cepat, saya siap mengirimkan," ujarnya.

Emil menjelaskan, bantuan yang akan dikirimkan merupakan bentuk solidaritas Kota Bandung sebagai ibu kota Asia Afrika.

"Kalau bantuan dari Bandung semata-mata hanya kemanusiaan saja. Bisa dikoordinasikan melalui pemerintah pusat atau langsung, yang penting warga Bandung yang solider masa tidak menolong," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com