Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Pantau UN, Bupati Dihadiahi Telur Puyuh

Kompas.com - 13/04/2015, 17:37 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Sebanyak 5.792 siswa SMA sederajat bertarung menghadapi ujian nasional (UN) yang digelar serentak se-Indonesia, Senin (13/4/2015). Para siswa SMKN 1 Gandapura, Bireuen, mengikuti UN sambil tetap memelihara ternak berupa lembu, ayam maupun burung puyuh.

Bupati Bireuen, Ruslan M Daud, menyempatkan diri datang ke SMK ini untuk memantau UN sambil melihat perkembangan aneka ternak peliharaan siswa SMK.

Ruslan menyempatkan diri masuk ke tiga kandang yang berjejer rapi di antaranya kandang sapi, burung puyuh dan ayam petelur di belakang sekolah.

”Saya tertarik dengan peternakan sekolah ini, layak untuk dikembangkan karena produk telur ini laris di pasaran,” ujarnya.

Produksi telur puyuh di sekolah ini mencapai 800 butir per hari dari 1.000 ekor burung puyuh. Sumardi, guru pendamping SMK, menyebutkan setiap bulannya mereka meraup laba bersih hampir satu juta dari burung puyuh.

”Itu hasil bersih setelah potong pakan dan pemeliharaan,” ungkap Sumardi.

Setelah meninjau beberapa kelas, bupati dan rombongan pamit pulang. Mereka lalu dihadiahi sekerat telur puyuh dan telur ayam kampung. Puluhan siswa dan siswi SMKN 1 Gandapura itu juga berjejer rapi menyalami bupati sesaat hendak kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com