Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Menyelundup, Mario Intai Situasi Bandara dari Kedai Nasi

Kompas.com - 10/04/2015, 20:00 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebelum melakukan aksi menyusup masuk ke ruang roda pesawat Garuda Indonesia GA 177, Mario Steven Ambarita (21) kerap singgah di kedai nasi Keluarga yang bersisian dengan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Rumah makan yang tak jauh dari Jl Kartama, Kelurahan Maharatu, tersebut letaknya persis di sebelah kanan Bandara SSK II. Untuk ke rumah makan itu dari bandara bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Kemudian melewati pagar. Persis di seberang jalan akan tampak plang dengan tulisan kedai nasi Keluarga.

Di sanalah Mario menghabiskan waktunya melakukan pengintaian dan membaca situasi bandara. Ia memilik duduk di meja paling depan atau di bagian luar dari kedai. Pasalnya, meja itu memberikannya pandangan yang lebih lapang untuk memantau lokasi di halaman bandara.

"Dia (Mario) datang satu minggu sebelum kejadian itu (menyusup ke ruang roda pesawat). Hari pertama, saya sudah tidak terlalu ingat, ia datang pukul 11.00 WIB. Duduk di meja depan dan minum air putih. Berkali-kali sampai satu cerek," tutur pemilik kedai nasi, Murna, kepada Tribun, Kamis (9/4/2015).

Hari kedua, Mario kembali ke kedai itu. Lebih pagi, sekitar pukul 10.00 WIB. Duduk di tempat sama, Mario kembali meminta air putih. Menurut Murna, hari itu Mario sempat pergi ke depan bandara.

"Dia selalu minum air putih. Tidak pernah pesan nasi. Pernah membeli rokok, itu hanya dua batang. Rokok tersebut dia bawa ke arah bandara," terang Murna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com