Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Tak Lulus UN, Siswa SMK di Demak Berdoa Sambil Menangis

Kompas.com - 10/04/2015, 19:01 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Dewi Arum Sari tak kuasa menahan air matanya saat bait-bait doa menggema di aula sekolahnya. Siswi kelas XII SMKN 1 Sayung Demak, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) itu, larut dalam doa istigasah yang digelar pihak sekolah menjelang pelaksanaan ujian nasional, Jumat (10/4/2015).

Arum sambil berlinang air mata tampak khusuk melafazkan kidung doa dan pujian kepada Sang Pencipta. Doa bersama ini dipimpin Ustaz Ahmad Saefudin.

"Saya terharu, tidak terasa sebentar lagi ujian. Takut tidak lulus," kata Arum, Jumat.

Seusai pembacaan doa bersama, para murid minum air putih yang telah diberi doa-doa. Kemudian satu per satu mereka meminta maaf dan memohon doa restu kepada dewan guru yang selama ini membimbing mereka.

"Air putih yang diminum oleh para siswa hanya wasilah atau sarana saja, agar siswa lebih tenang pada saat menghadapi UN. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha, yang menentukan lulus dan tidaknya hanyalah Allah SWT. Semua terserah kepada-Nya," kata kepala sekolah, Gigis Mohamad Afnan didampingi wakil kepala Muhammad Amron.

Istigasah dan doa bersama, menurut Gigis, digelar untuk mempersiapkan mental siswa dalam menghadapi UN tahun pelajaran 2014/2015, selain kesiapan lahiriah berupa penambahan jam pelajaran dan try out.

"Dengan kesiapan lahiriah dan batiniah, sebanyak 153 siswa yang mengikuti UN bisa memperoleh hasil maksimal. Lulus 100 persen," harap Gigis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com