Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Hadapan Dubes AS, Gubernur Pastika Akan Jadikan Bali Pulau Organik

Kompas.com - 16/03/2015, 21:22 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com- Gubernur Bali Made Mangku Pastika menegaskan komitmennya untuk menjadikan Bali destinasi pariwisata yang bersih sekaligus sebagai pulau organik. Demikian disampaikan Pastika saat menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat Robert Blake.

“Program-program dalam visi Bali Mandara yang salah satunya untuk mewujudkan Bali sebagai Green Province dan pulau organik. Suatu hari Bali akan menjadi destinasi yang paling dicari-cari di seluruh dunia,” kata Pastika, Denpasar, Bali, Senin(16/3/2015).

Pastika juga menyampaikan, untuk mendukung menjadi pulau organik, Pemprov Bali membentuk 1.000 unit simantri, di mana sampai saat ini sudah terbentuk lebih dari 500 unit. Dari program ini diharapkan bisa diproduksi pupuk organik yang mencukupi kebutuhan pupuk bagi petani di Bali dan mengurangi pemakaian pupuk kimia.

“Pemerintah Provinsi Bali juga sudah mulai mengembangkan Energi Listrik Tenaga Surya yang sudah dikembangkan di Kabupaten Bangli dan Karangasem. Pemprov berencana membuat kebijakan di mana minimal 10 persen dari energi yang digunakan di kantor-kantor publik harus berasal dari energi matahari,” ujarnya.

Sementara Robert Blake yang didampingi Konsul Jendral AS di Bali Monserrete, sangat mengapresiasi program-program yang dilaksanakan Pemprov Bali. Selanjutnya Blake menginginkan adanya kerjasama yang baik antara Bali dan Amerika Serikat, selain dalam pariwisata juga masalah keamanan khususnya masalah terorisme.

Kerja sama sister province yang dirintis antara Bali dan Hawaii selama ini diharapkan akan bisa memberikan manfaat yang besar bagi kedua daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com