Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Lumajang-Malang Longsor

Kompas.com - 14/03/2015, 21:47 WIB
LUMAJANG, KOMPAS.com - Longsor terjadi di Jalur selatan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang menuju Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/3/2015).

"Bebatuan besar bercampur tanah yang berasal dari tebing di titik kilometer (KM) 59 arah Turen, Malang, ambrol hingga memenuhi separuh badan jalan," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Purwanto.

Akses lalu lintas dari Lumajang menuju Malang dan sebaliknya tersendat karena tebing yang longsor menutup separuh jalan di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. "Petugas BPBD, polisi dan perangkat desa membutuhkan waktu hingga beberapa jam untuk membersihkan longsoran tersebut, sehingga sistem buka tutup diberlakukan," tutur Purwanto.

Purwanto menjelaskan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan petugas disiagakan di lokasi longsor karena batu besar dengan diameter satu meter masih belum bisa ditepikan. "Di lokasi KM 58 dan KM 59 merupakan titik rawan longsor di jalur selatan yang menghubungkan dua kabupaten yakni Kabupaten Lumajang-Malang karena kontur tanah yang labil," papar Purwanto.

Pada saat longsor terjadi, lanjut dia, cuaca cukup cerah dan tidak terjadi hujan deras, namun tidak ada kendaraan yang terjebak dalam longsor tersebut. "Saya imbau warga berhati-hati saat melintas di jalur selatan di kawasan Piket Nol karena malam ini hujan cukup deras yang disertai angin kencang, sehingga dikhawatirkan terjadi longsor susulan," kata Purwanto lagi.

Dia lalu mengimbau warga untuk tidak melewati jalur selatan Lumajang-Malang saat hujan deras karena kondisi jalan licin, sejumlah titik rawan longsor, dan rawan pohon tumbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com