Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanduk "Tes In Propertis" Milik Partai Nasdem Jadi Cemoohan di Medsos

Kompas.com - 11/03/2015, 13:07 WIB
BANJARMASIN, KOMPAS.com — Sebuah foto proses seleksi bakal calon bupati Banjar, Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan Partai Nasdem, Kabupaten Banjar, dan diunggah di laman jejaring sosial Facebook menjadi bahan cemoohan di dunia maya.

Cemoohan muncul karena spanduk dalam acara itu bertuliskan "tes in propertis", padahal yang dimaksudkan adalah "fit and proper test" atau uji kepatutan dan kelayakan.

Kontan, foto yang memuat wajah Wakil Bupati Banjar Ahmad Fauzan Saleh itu pun menuai cemoohan. "TES IN PROPERTIS" itu bahasa apa & apa artinya yu? Napa kada pakai bhs Indonesia ato bahasa banua haja. Jd urang awam nang kaya ulun niti bisa aham maksudnya. Atawa kira2 mun kd pakai bahasa laut kada keren, jar abah Tama," tulis pemilik akun Facebook, Irfan Anshari Al-Kandangani, saat mengunggah foto tersebut pada 7 Maret 2015 lalu.

Puluhan orang pun menanggapi unggahan foto Irfan Anshari Al-Kandangani. Jumlah itu belum termasuk para pengguna media sosial yang telah membagikan foto tersebut di akun masing-masing.

"Hehehe... aku hampai kabungkalanan wan tabuncalak mata mancarii kata TES nitu di dlm kamus-mangamus yatu kd tadapat jua. Bahasa laut mana kuang nang dipakai tutih?" tulis pengguna medsos atas nama Jamal T Suryanata.

"TES IN PROPERTIS ini bukan bahasa laut, bukan pula bahasa darat. Semacam bahasa kontak temporer antara darat dan laut. bahasa payau. Bagus buat pengayaan kamus bahasa politik," tulis pengguna lain Facebook, Sainul Hermawan.

Pengguna Facebook atas nama Arif Nurcahyo juga berkomentar dalam bahasa Jawa, "Iki boso level kardinallll....., kancane 'mensana in konporisano' barang kae lho..."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com