Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Orang Demo, Desak Presiden Jokowi Lantik Budi Gunawan Jadi Kapolri

Kompas.com - 20/02/2015, 17:07 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Puluhan orang menggelar aksi damai di depan Gedung DPRD Jawa Timur di Jalan Indrapura, Surabaya, Jumat (20/2/2015). Mereka mendesak Presiden Joko Widodo melantik Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai kepala Polri.

Massa pendemo itu pun mendesak agar pemerintah merehabilitasi nama baik Budi Gunawan karena dia bukan tersangka korupsi. Massa yang mengatasnamakan Laskar Dewa Ruci itu sebelumnya menamai diri Laskar Jokowi Indonesia.

"Kami justru mengingatkan Presiden pilihan kami agar bertindak sesuai prosedur. Pemilihan Komjen BG sebagai kepala Polri sudah sesuai prosedur, tinggal melantik saja," kata koordinator aksi, Jumanto.

Penetapan status tersangka oleh KPK, kata Jumanto, berdampak negatif terhadap citra Budi Gunawan maupun institusi Polri. "Karena itu sangat penting memulihkan nama baik Komjen BG," kata dia.

Jika tidak segera dilantik, Jumanto mengaku khawatir akan menimbulkan konflik antar-jenderal di internal Polri. Kondisi tersebut tentu tidak menguntungkan bagi stabilitas nasional dan bagi keamanan rakyat Indonesia.

Selain berorasi, massa pengunjuk rasa juga menggelar berbagai poster bertuliskan desakan agar Presiden Jokowi segera melantik Budi Gunawan. Aksi ini dikawal ketat puluhan polisi karena pada saat bersamaan sedang berlangsung agenda sidang paripurna di Gedung DPRD Jatim yang dihadiri Gubernur Jatim Soekarwo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com