Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK Minta Nasihat Kiai NU di Jawa Timur

Kompas.com - 11/02/2015, 17:20 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkunjung ke kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim di Surabaya, Rabu (11/2/2015). Kunjungan KPK ini dilakukan untuk menghimpun nasihat dari para kiai Nahdlatul Ulama (NU) terkait konflik yang dihadapi saat ini dengan Polri.

Selain menghimpun nasihat, kata Direktur Penelitian dan Pengembangan KPK Roni Dwi Susanto, KPK juga meminta dukungan doa agar konflik yang terjadi berakhir positif bagi bangsa dan negara.

"Kami meminta nasihat para kiai NU dari sisi moral. Apa saja pandangan-pandangan yang bisa kami ambil untuk kebaikan KPK ke depannya," kata Roni seusai menggelar pertemuan dengan sejumlah kiai di kantor PWNU Jatim.

Roni membantah kedatangannya menemui para kiai NU untuk mencari dukungan politik.

"Bukan mencari dukungan. Kami hanya menyampaikan kondisi sebenarnya yang terjadi dan kami ingin diberi tausiah (nasihat) oleh para kiai," ucapnya.

Roni menyampaikan, para kiai tadi memberi nasihat agar KPK menahan diri dan tidak terlalu berlebihan menyikapi persoalan konflik antar-sesama lembaga penegak hukum. Kisruh KPK-Polri bermula setelah Jokowi mencalonkan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai kepala Polri. Jokowi sendiri mengakui kisruh KPK-Polri bukan masalah sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com