Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curah Hujan Tinggi, 9 Rumah Warga di Bitung Tertimbun Longsor

Kompas.com - 04/02/2015, 18:00 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Kota Bitung di Sulawesi Utara dilanda bencana banjir dan tanah longsor akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak Selasa (3/2/2015) kemarin hingga Rabu (4/2/2015) malam ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bitung (BPBD) Bitung menginformasikan bahwa sebagian besar wilayah di Bitung terendam banjir. Beberapa pohon juga dilaporkan tumbang akibat cuaca yang tidak bersahabat.

"Saat ini kami masih terus melakukan pendataan dan memantau pemukiman warga yang terkena bencana," ujar Kepala BPBD Adry Supit, Rabu (4/2/2015).

Genangan banjir dikarenakan sistem drainase yang tidak bisa menampung volume air dan juga luapan dari Sungai Girian hingga mengenangi pemukiman warga bahkan sampai di jalan-jalan utama. Beberapa wilayah yang terendam banjir adalah Girian Atas, Girian Bawah, Wangurer Pantai, DAS Girian, Madidir, Parigi Dolong, Manembo-nembo Bawah, Tanjung Merah, Pusat Kota dan Pateten.

Wali Kota Bitung, Hanny Sondakh, menginstruksikan seluruh aparat mulai dari Kepala Lingkungan, Lurah, Camat untuk terus berkoordinasi dengan BPBD Kota Bitung.

Sementara itu, sebanyak sembilan rumah warga di Pateten Tiga dilaporkan tertimbun longsor. Walau tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut namun menimbulkan kerusakan materil dari rumah yang tertimbun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com