Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Soputan di Minahasa Kembali Meletus

Kompas.com - 18/01/2015, 15:20 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MINAHASA TENGGARA, KOMPAS.com — Gunung Api Soputan di Minahasa, Sulawesi Utara, kembali meletus, Minggu (18/1/2015) sekitar pukul 11.00 Wita.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Mitra Yoppy Mokodaser kepada Kompas.com mengatakan, peringatan untuk tidak beraktivitas di sekitar kawah sudah disampaikan ke masyarakat, menyusul letusan tersebut.

"Tadi letusannya mengeluarkan abu vulkanis ke udara, dan kami mengimbau agar tidak ada aktivitas warga dalam radius 6,5 kilometer," ujar Mokodaser.

Menurut dia, tiupan angin ke arah Barat membawa abu Soputan ke wilayah Amurang di Minahasa Selatan. Belum ada laporan mengenai korban dari letusan Sopotan kali ini.

Pada tanggal 6 Januari 2015 lalu, Gunung Soputan juga meletus dan membuat 7 kecamatan di Minahasa Utara dihujani abu vulkanis. Beruntung, beberapa saat sesudah itu, hujan turun sehingga membuat abu mudah dibersihkan dari rumah-rumah warga.

Situs Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyebutkan, Gunung Soputan yang mempunyai ketinggian 1.783,7 meter dari permukaan laut ini berstatus Siaga sejak 26 Desember 2014. Selain Soputan, gunung berapi lainnya di Sulawesi Utara yang berstatus Siaga adalah Gunung Karangetang di Siau dan Gunung Lokon di Minahasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com