Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diajukan Jadi Kapolri, Nasib Budi Gunawan Tergantung Komisi III

Kompas.com - 11/01/2015, 07:37 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengaku baru mengetahui nama Budi Gunawan yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk diusulkan ke DPR RI sebagai Kapolri pengganti Jenderal Sutarman dari media sosial. Namun demikian, yang memutuskan terpilih atau tidaknya Budi sebagai Kapolri adalah hasil wawancara di depan anggota Komisi III DPR RI.

“Saya tahu (Budi Gunawan diajukan calon Kapolri) malah dari sosial media. Semua diserahkan kepada Pak Jokowi. Namun, ya dan tidaknya tergantung Komisi III (DPR RI), tentunya dari hasil wawancara,” kata Agus Hermanto saat kunjungannya di Denpasar, Bali, Sabtu (10/1/2015).

Ketika ditanya soal sosok Budi Gunawan yang jadi pilihan Jokowi, Agus menegaskan bahwa Presiden mempunyai hak prerogatif untuk memilih siapa yang menjadi Kapolri. Jadi, kata dia, siapa pun yang terpilih nanti, semua pihak harus menerima dengan legawa. [ Baca juga: Jokowi Sebut Penunjukan Komjen Budi Gunawan Usulan Kompolnas]

“Sekali lagi, siapa pun yang diusulkan, itu menjadi hak prerogatif presiden. Siapa pun yang diusulkan Pak Jokowi, semua orang harus terima dong, mau siapa saja, ya itu tadi tergantung hasil wawancaranya nanti," tegasnya.

Politisi dari Partai Demokrat ini juga menjelaskan bahwa pada hari Jumat lalu dia menggelar rapat di DPR RI, tetapi belum diketahui siapa yang dipilih dari beberapa kandidat yang muncul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com