Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Sulteng Mengaku Siap Dialog dengan Kelompok Bersenjata Poso

Kompas.com - 07/01/2015, 11:20 WIB

PALU, KOMPAS.com - Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Idham Azis mengaku siap berdialog dengan kelompok sipil bersenjata yang kini masih bersembunyi di hutan di Kabupaten Poso. "Saya siap berdialog sendirian tanpa senjata untuk mencari solusi yang tepat," kata Idham Azis di Palu, Rabu (7/1/2015).

Menurut Idham, dialog bertujuan untuk mengembalikan anggota kelompok bersenjata itu ke jalan yang benar dan tidak melawan hukum.

Pernyataan Idham ini terkait dengan upaya yang dilakukan ratusan aparat gabungan TNI dan Polri yang memburu kelompok sipil bersenjata di Kabupaten Poso yang berjumlah sekitar 20 orang.

Saat ditanya soal target pencarian, Idham mengaku tidak bisa menjanjikannya. "Yang jelas, lebih cepat lebih baik. Kita kejar, kejar dan kejar," kata mantan Wakil Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror itu.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Saud Usman Nasution meminta masyarakat untuk tidak mendukung kelompok bersenjata di Kabupaten Poso karena tindakan mereka melawan hukum.

Saud kemudian meminta sejumlah kepala daerah di Sulawesi Tengah untuk menyiapkan data dan informasi agar kasus terorisme di wilayahnya cepat diatasi.

Saat ini tiga warga Lembah Napu, Kabupaten Poso, masih hilang dan diduga diculik oleh kelompok sipil bersenjata di bawah pimpinan Santoso. Sebelumnya, seorang warga ditemukan tewas terkena tembakan, dan diduga kuat pelakunya berasal dari kelompok sipil berbahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com