Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Bersiaga di Jalur Pendakian Gunung Ungaran

Kompas.com - 31/12/2014, 16:55 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Semarang menyiagakan posko di salah satu jalur pendakian terpadat menuju Gunung Ungaran, Rabu (31/12/2014). Pendirian posko lengkap dengan personel, obat-obatan, dan mobil ambulans tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kejadian saat malam perayaan tahun baru.

Jumlah pendaki saat pergantian tahun diperkirakan meningkat dibandingkan hari biasa. PMI mengantisipasi penyakit yang sering diderita pendaki, seperti sakit asma dan hipotermia saat pendakian.

"Satu posko akan kita dirikan di Pos Pendakian Gunung Ungaran, di Mawar, Jimbaran. Sore ini sudah aktif," kata Koordinator Tim Pelayanan Kesehatan Masyarakat PMI, Fathur Rahman, Rabu.

Selain di jalur pendakian Gunung Ungaran, PMI juga mendirikan posko di obyek wisata Gedongsongo. Pada tahun lalu, saat pergantian tahun, banyak warga yang bermabuk-mabukan di wilayah tersebut.

"Jika membutuhkan bantuan petugas medis, silakan hubungi nomor layanan 08122570636," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator SAR Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Agus Surolawe mengatakan, kondisi cuaca di sekitar puncak Gunung Merbabu terpantau sering terjadi hujan. Para pendaki diminta hempasan angin kencang yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

"Angin dari arah selatan ke utara masih kuat," paparnya.

Jalur pendakian menuju Merbabu, kata Agus, dalam kondisi aman tidak berpotensi longsor. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com