Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datangi Lokasi Longsor, Ganjar Tetapkan Banjarnegara Darurat Bencana

Kompas.com - 13/12/2014, 15:01 WIB
Reporter Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendatangi lokasi longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Banjarnegara, Sabtu (13/12/2012). Ganjar tiba di lokasi bencana sekitar pukul 13.30 WIB.

Dalam kunjungan itu, Ganjar sempat berdialog dengan warga yang menjadi korban di sekitar lokasi kejadian. Ganjar pun lalu menyatakan Banjarnegara berstatus darurat bencana.

"Dengan status darurat bencana, kita sudah perintahkan Tim Reaksi Cepat BNPB yang berada di lokasi bencana untuk terus mendampingi BPBD dalam penanganan darurat," ujar Ganjar Pranowo saat meninjau lokasi longsor.

Ganjar menambahkan, Tim Reaksi Cepat BNPB bersama BPBD, TNI, Polri, SAR, PMI, Tagana, SKPD, relawan, dan masyarakat masih melakukan pertolongan di lokasi. Posko dan dapur umum pun telah didirikan.

"Saya minta semua masyarakat bergotong royong untuk melakukan evakuasi. Utamanya saat ini membuka akses jalan yang terputus. Sebab, jalan ini sangat dibutuhkan untuk mempermudah jalur evakuasi," ungkap dia.

Hingga kini, dua peralatan berat telah dikerahkan untuk membersihkan material longsoran, kayu, pohon, lumpur, dan batu yang menutup beberapa ruas jalan. Ganjar menyebut, musim hujan kemungkinan terjadi hingga bulan Februari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com