Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Padati Lokasi Longsor Banjarnegara

Kompas.com - 13/12/2014, 14:41 WIB
Reporter Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com — Bencana longsor yang menimpa satu Dusun Jemblung di Desa Sampang, Banjarnegara, membuat ribuan warga Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Brebes, Sabtu (13/12/2014), berduyun-duyun datang untuk melihat lokasi kejadian.

Banyaknya warga yang ingin melihat lokasi longsor menyebabkan evakuasi tersendat. Sebab, akses jalan yang hanya bisa dilalui sepeda motor terganggu oleh banyaknya warga yang berada di sekitar jalur.

"Saya minta semua warga yang tidak berkepentingan silakan keluar dari lokasi longsor. Tanah di sini masih bergerak, labil, dan sangat berbahaya," ujar seorang anggota tim SAR melalui pengeras suara.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim Basarnas, Banser, Relawan, dan TNI hingga sore ini masih terus melakukan evakuasi di lokasi bencana longsor. Lokasi longsor yang berada di lereng perbukitan Gunung Tlogolele itu menyulitkan tim SAR untuk melakukan evakuasi.

Akses jalan utama di desa setempat terputus timbunan material longsor. Jaringan listrik juga masih terputus. Untuk bisa menuju ke lokasi bencana, tim SAR harus berupaya ekstra keras. Tim SAR harus berhati-hati karena area di sekitar lokasi longsor masih sangat berbahaya. Suatu saat, longsor susulan bisa terjadi.

Untuk melakukan pembukaan akses jalan, dua alat berat sudah dikerahkan. Berdasarkan data di lapangan, hingga kini 19 korban tewas telah ditemukan, yang 10 di antaranya masih belum diketahui identitasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com