Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Kompensasi Kenaikan Harga BBM Cair Minggu Depan

Kompas.com - 19/11/2014, 14:42 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Program dana kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) atau yang diberi nama Program Pembayaran Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) untuk wilayah Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu), akan dicairkan minggu depan.

Di Malang Raya, masyarakat miskin yang mendapatkan dana Program PSKS itu sebanyak 169.574 Kepala Keluarga (KK). Dana tersebut langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos). Adapun rinciannya, untuk Kota Batu sebanyak 6.261 KK, Kota Malang ada 16.932 KK dan Kabupaten Malang sebanyak 146.381 KK.

"Dana itu, akan kita cairkan pada minggu depan," kata Zaini, Kepala Kantor Pos Malang, kepada wartawan di kantornya, Rabu (19/11/2014).

Terkait rencana pencairan dana tersebut, sejumlah pejabat Kantor Pos Malang sudah menemui tiga kepala daerah yang ada di Malang Raya. "Pihak Kantor pos, hanya sebagai juru bayar pada program ini. Nantinya, per KK akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 200.000. Untuk periode November dan Desember 2014, totalnya sebesar Rp 400.000," kata dia.

Warga bisa mengambil seluruh haknya senilai Rp 400.000. "Kalau mau mengambil Rp 250.000, ya tidak apa-apa. Nanti sisanya bisa diambil lagi di Kantor Pos," kata dia.

Zaini menjelaskan, KPS (Kartu Perlindungan Sosial) yang sudah dibagikan pada 2012 lalu akan dipakai untuk panduan pembagian dana. Kantor Pos pun sudah memiliki database calon penerima dana PSKS tersebut.

"Lokasi pembayaran akan disusun berikutnya. Sebab Kantor Pos masih memerlukan pertemuan lagi dengan camat, sehingga perlu koordinasi dengan pemerintah daerah," ujar Zaini.

Saat pencairan nanti, pihak Kantor Pos juga sudah memegang daftar nominasi penerimanya. Setelah cocok, baru diserahkan uangnya. "Dana itu sudah ada di Kantor Pos dan masih perlu koordinasi dengan pemerintah daerah," kata Zaini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com