Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Baju Veteran, Polisi-polisi Diajak "Selfie"

Kompas.com - 12/11/2014, 10:04 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Banyak cara merayakan Hari Pahlawan salah satunya seperti yang dilakukan anggota Satlantas Polres Banyuwangi. Selama dua hari berturut-turut mereka mengenakan baju veteran selama bertugas.

Seperti yang terlihat di Kantor Samsat Kabupaten Banyuwangi Selasa (11/11/2014) kemarin. Dengan menggunakan pakaian veteran lengkap dengan kain merah putih di leher mereka tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Sudah dua hari ini, kemarin 10 November dan hari ini menggunakan pakaian veteran. Enak sih. Lebih santai seperti ini. Biasanya pakai seragam resmi. Dan banyak yang ngajak selfie," jelas Slamet Supriyanto, salah satu petugas Satlantas Polres Banyuwangi yang bertugas di Kantor Samsat sembari tertawa.

Slamet juga mengaku tidak keberatan menggunakan pakaian veteran selama bekerja. "Sama sekali tidak mengganggu," kata dia.

Sementara itu, Murdalisah warga Banyuwangi yang datang ke Kantor Samsat mengaku kaget saat petugas yang melayaninya tidak menggunakan seragam. "Sumpah.. saya pikir ada karnaval. Tadi sekalian foto-foto bareng. Kan jarang mereka pakai baju seperti ini," kata dia.

Sementara itu, Iptu Kemas Aidil Fitri Kanit Registrasi dan Identifikasi Polres Banyuwangi mengharapkan dengan menggunakan pakaian veteran, para petugas bisa meneladani semangat perjuangan para pahlawan.

"Jika mereka dulu merebut kemerdekaan, kita lah yang mengisinya. Menularkan juga semangat kepahlawanan kepada semua orang," kata dia.

Menurut Iptu Kemal, petugas yang menggunakan baju veteran ini bukan hanya yang bertugas di Kantor Samsat Banyuwangi, tapi semua anggota Satlantas Polres Banyuwangi.

"Semua menggunakan baju veteran, mulai dari yang bertugas di Kantor Samsat, di Kantor Pelayanan pembuatan Sim Polres Banyuwangi serta mereka yang bertugas di jalan. Semua menanggalkan seragam dan mengganti dengan baju veteran. Dan tentu ini akan menjadi pemandangan yang berbeda bagi masyarakat," kata dia.

Bahkan penampilan polisi yang menggunakan pakaian vetaran tersebut sempat dikomentari akun Dhiean Kukuh. Di akun Facebook-nya dia menulis komentar. "Hari ini para polisi yg bertugas di jalan keren euy...vintage bingits tampilannya....Saluutttt...Selamat Hari Pahlawan...".

Status tersebut mengundang komentar. Akun atas nama Robbi Hendriyanto menulis, "itu beneran pak polisi? hade euy.. tp ntar ama org disangka bukan polisi".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com