Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi 4 Bulan Positif HIV/AIDS Dibuang di Depan Puskesmas

Kompas.com - 05/11/2014, 18:01 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Seorang bayi laki-laki berusia empat bulan yang ditemukan di depan sebuah puskesmas di Sidoarjo, Jawa Timur, dinyatakan positif terjangkit virus HIV/AIDS. Bayi yang diberi nama dengan inisial RS tersebut kini dirawat intensif di ruang Irna Anak RSU dr Soetomo Surabaya.

"Mulanya, bayi tersebut dirawat oleh UPT Pelayanan Asuhan Anak Balita Telantar Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Sidoarjo, tetapi karena kondisinya memburuk, akhirnya dirujuk ke RSU dr Soetomo," kata Direktur Utama RSU dr Soetomo, dr Dodo Anondo, Rabu (5/11/2014).

Saat ditemukan, bayi tersebut terkena gizi buruk, infeksi paru-paru, dan gangguan penglihatan. Beberapa waktu terakhir, kondisinya terus membaik dan berat badannya terus mendekati ideal.

"Dua minggu di sini, ada kenaikan berat badan menjadi 5,5 kilogram, dari yang semula 3,8 kilogram. Berat badan bayi seusia dia yang ideal 5-6 kg, kita masih berusaha menaikkan lagi," ungkap Dodo.

Pihaknya berupaya keras untuk terus menambah berat badan bayi tersebut karena kondisi tubuh dan berat badan yang ideal akan menambah harapan hidup pasien penderita HIV/AIDS.

"Pokoknya kita buat senyaman mungkin dia tinggal di sini agar kondisi tubuh dan berat badannya terus membaik," ujar Dodo.

Dodo menengarai, bayi tersebut terjangkit virus HIV/AIDS dari ibu yang mengandungnya. Sampai hari ini, polisi di Sidoarjo masih terus memburu siapa ibu dari bayi laki-laki tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com