Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Jokowi, Tentara Bubarkan Demo Mahasiswa di Makassar

Kompas.com - 05/11/2014, 16:37 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Jelang kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Makassar seusai kunjungannya di Kabupaten Sidrap, puluhan anggota TNI dari Kodim 1408 BS membubarkan semua aksi demonstrasi mahasiswa yang menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Rabu (5/11/2014).

Sejak siang hingga sore, mahasiswa dari berbagai universitas di Makassar silih berganti melakukan aksi demonstrasi. Aksi mahasiswa tersebut dianggap ilegal karena tidak mendapatkan izin dari aparat kepolisian.

Aksi unjuk rasa di bawah jalan layang (fly over) Makassar oleh mahasiswa Lintas Antar-Kampus dibubarkan paksa oleh petugas gabungan TNI dan Polri. Sebanyak 12 pendemo juga diamankan.

Demikian pula aksi mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang digelar di depan kampusnya di Gedung Phinisi di Jalan AP Pettarani. Mereka dibubarkan paksa oleh petugas. Kejadian serupa dialami mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) yang menggelar demo di depan kampusnya di Jalan Sultan Alauddin. Saat dibubarkan paksa, para mahasiswa berlarian masuk ke kampusnya.

Petugas sempat mengingatkan dan mengancam mahasiswa agar tidak melakukan aksi demonstrasi selama kunjungan kerja (kunker) Presiden Jokowi di Sulsel.

"Saya ingatkan, jangan melakukan aksi demonstrasi selama dua hari ini. Jika tidak, jangan salahkan kami mengambil tindakan tegas," ancam salah seorang anggota TNI kepada mahasiswa dan pihak rektorat di halaman Kampus Unismuh. Mahasiswa pun membubarkan diri dan mengikuti perintah petugas.

Presiden Jokowi tiba di Makassar sekitar pukul 10.00 Wita dengan menggunakan pesawat kepresidenan dan langsung terbang kembali ke Kabupaten Sidrap dengan menumpangi helikopter untuk memantau irigasi dan panen padi di Kabupaten Sidrap serta Pinrang. Selanjutnya, Jokowi kembali ke Makassar dengan menggunakan helikopter dan menghadiri acara peringatan Hari Ketahanan Pangan pada Rabu sore.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com