Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumpah Pemuda, Mahasiswa Ziarah ke Makam Gayatri

Kompas.com - 28/10/2014, 15:28 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Universitas Darussalam, Ambon, memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan cara berziarah ke makam mendiang Gayatri Wailissa di Taman Gembira di kawasan Tantui, Ambon, Selasa (28/10/2014).

Di makam mendiang Gayatri, puluhan mahasiswa ini lalu menggelar renungan dan doa. Selanjutnya, puluhan mahasiswa ini lalu mengunjungi orangtua Gayatri di rumahnya di kawasan Tantui. Dalam kunjungan itu, para mahasiswa lalu berdiskusi dengan kedua orangtua Gayatri terkait sejumlah prestasi yang ditorehkan remaja jenius tersebut.

Dalam kesempatan itu, para mahasiswa juga memberikan bantuan berupa uang tunai sebagai bentuk rasa duka mereka. "Bantuan ini memang tidak seberapa, tapi kami berharap semoga bantuan ini dapat meringankan beban orangtua Gayatri," kata M Ikbal Sowakil, perwakilan HMI.

Menurut Ikbal, dia memilih berziarah ke makam Gayatri karena Gayatri adalah bagian dari tokoh muda kebanggaan bangsa yang telah mengharumkan negara Indonesia di mata internasional. "Kebetulan saja almarhumah ini adalah sosok pemuda yang sangat berprestasi dan menjadi inspirasi para pemuda di Indonesia. Jadi, kita sengaja berziarah ke sini," kata dia.

Sebelum berziarah ke makam Gayatri dan berkunjung ke rumah duka, puluhan mahasiswa ini sempat menyampaikan orasi di depan Tugu Gong Perdamaian Dunia (GDP). Mereka meminta agar Pemerintah Provinsi Maluku dapat menjaga dan memperhatikan hasil karya intelektual mendiang Gayatri Wailissa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com