Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Ini Pernah Tenggelam di Sungai...

Kompas.com - 27/10/2014, 13:29 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com — Suasana haru dan bangga terlihat dari raut muka keluarga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di rumah sekaligus tanah kelahirannya di Desa Slatri, Larangan, Brebes, Jawa Tengah, Senin (27/10/2014) siang.

Sesekali keluarga dan kerabat berbincang mengenang Mas Dirman, sapaan akrab Sudirman Said, mulai dari sifat hingga kegemarannya. Sartono Said (49), adik dari Menteri ESDM, mengaku keluarga tidak diberitahu bahwa Sudirman Said terpilih dalam kabinet kerja Jokowi-JK. Mereka mengetahui Mas Dirman terpilih menjadi menteri dari media televisi dan online.

"Bangga sekali bisa menjadi kebanggaan keluarga dan masyarakat Brebes," kata Sartono yang terlihat matanya berkaca-kaca.

Di sela-sela nonton bareng pelantikan kabinet kerja Jokowi-JK, keluarga sesekali menunjukkan foto-foto Sudirman Said saat masih muda. Menurut Sartono, kejadian yang sangat diingatnya ialah Mas Dirman pernah tenggelam di sungai depan rumahnya pada tahun 70-an, dan dialah yang menolong.

"Kalau saya tidak menolong saat tenggelam, mungkin Mas Dirman sekarang tidak jadi menteri," kenangnya sambil tersenyum.

Keluarga dan kerabat berharap, ke depan Kementerian ESDM yang dipimpin Sudirman Said akan lebih baik. Tidak ada lagi kasus-kasus yang menjerat karyawan maupun pimpinan di Kementerian ESDM. "Saya yakin akan lebih baik, karena Mas Dirman orangnya tegas dan lurus," kata Sartono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com