Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuat Mainan Jadi Hidup Itu Mudah...

Kompas.com - 27/09/2014, 20:03 WIB
Angger Putranto

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Kerap kali mainan tinggallah mainan. Namun bagi Fauzie Helmi, sebuah mainan bisa terasa lebih hidup walaupun hanya dalam sebuah foto. Fauzie Helmi adalah seorang fotografer yang secara khusus mendalami bidang fotografi mainan atau biasa dikenal toys photography.

Bertempat di Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung, Sabtu (26/9/2014) Fauzi membagi ilmunya. "Dalam toys fotografi, tiga hal yang utama ialah pencahayaan, komposisi, dan seni peran. Tiga hal tersebut yang membuat mainan tersebut bisa tampak hidup dan lebih berkarakter," ujar dia.

Komposisi, tutur Fauzie ialah cara menempatkan foto dalam sebuah bidang foto. Sedangakan pencahayaan ialah upaya pemberiaan cahaya agar terekspos dengan baik. "Salah satu yang tidak kalah penting ialah menata bentuk mainan agar mainan itu bisa menampilkan perannya," kata dia.

Fauzi yang telah menelurkan buku kumpulan foto toys fotografi berjudul "Dunia Tanpa Nyawa" mengatakan, sebelum memulai pengambilan gambar, seorang fotografer harus mengenali karakter mainan yang akan ia foto.

Ia mencontohkan, sebuah permainan monster tidak mungkin difoto dengan latar belakang warna merah muda yang cenderung feminim. Ilmu tersebut dibagikan Fauzi dalam talk show toys fotografi yang diadakan oleh Toko Buku Gramedia Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung.

Salah satu peserta talk show, Ayub Adhi Sasmita menuturkan, awalnya dia sama sekali tidak tertarik pada dunia toys fotografi, tapi pemaparan Fauzi membuatnya penasaran untuk mencobanya.

"Biasanya saya hanya motret model atau pemandangan, sekarang jadi ingin mencoba hal baru, keliatannya seru dan lebih murah tapi tidak murahan," ujar penghobi fotografi tersebut.

Store Manager Gramedia Bandar Lampung Edy Sulistyono mengatakan, talk show ini merupakan bagian dari rangakaian Lampung Sejuta Buku. "Sesuai semangat Toko Gramedia enlightment people, kami ingin memberikan pencerahan bagi pelanggan toko buku agar mau mencoba salah satu seni fotografi, yaitu toys fotografi. Lagi pula toys fotografi ini masih menjadi hal baru di Indonesia," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com