Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2015, Masyarakat Pulau Terluar Bengkulu Bisa Konsumsi Langsung Air Laut

Kompas.com - 26/09/2014, 14:00 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com
- Pada tahun 2015, masyarakat pulau terluar Bengkulu yakni Enggano diprediksi akan dapat menikmati air laut langsung dapat dikonsumsi dengan teknik Destilation Water Treatment Concept (D-WERC) yang merupakan bantuan dari Komandan Angkatan Laut Bengkulu senilai Rp 3,5 miliar.

Hal ini diungkap oleh Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, Sorjum Ahyan. Selanjutnya, pengelolaan air tersebut akan didistribusikan langsung ke rumah penduduk Pulau Enggano.

"Itu bantuan dari Danlanal Bengkulu, nah dari bantuan itu Pemprov Bengkulu akan menganggarkan di APBD 2015 pembuatan saluran dari titik pengelolaan air hingga dapat dialirkan ke rumah penduduk," ujar Sorjum, Jumat (26/9/2014).

Dia menjelaskan bahwa air laut yang dikelola dari peralatan tersebut kualitasnya sangat baik bahkan melebihi kualitas air kemasan yang sudah populer sekalipun. Adapun hasil yang didapat mencapai sembilan ribu liter air per hari.

"Awalnya, air itu untuk kebutuhan para prajurit yang menjaga di sekitar Pulau Enggano, namun oleh Danlanal air tersebut kegunaannya diperluas untuk masyarakat," ujarnya.

Selain menyiapkan pengelolaan air bersih pemerintah dan TNI juga segera memberikan layanan listrik tenaga surya, dan bandara di daerah tersebut. Pulau Enggano merupakan pulau terluar di Provinsi Bengkulu terletak di wilayah administrasi Kabupaten Bengkulu Utara dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Terdapat ribuan kepala keluarga di wilayah ini yang bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com