Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 18 Kabupaten/Kota di Jatim Gelar Pilkada di 2015

Kompas.com - 18/09/2014, 07:44 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak 18 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur akan menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2015 mendatang.

Ya, jadi memang di tahun 2015 mendatang, ada 18 kabupaten/ kota se Jawa Timur, yang akan menggelar pemilu kada. Baik itu yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir di tahun 2015 maupun di awal tahun 2016,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro, Kamis (18/9/2014).

Menurut dia, KPU juga masih menunggu pengesahan Rancangan Undang-undangan (RUU) Pilkada. “Pada prinsipnya, kami sebagai penyelanggara siap melaksanakan amanah undang- undang, apakah pilkada dipilih melalui DPRD, atau tetap melalui pemilihan langsung,” tegas Gogot.

“Kalau memang amanah undang-undang tetap dipilih langsung, besar kemungkinan akan dilakukan secara bersamaan pelaksanaan pemungutan suara. Namun akan dibagi per gelombang, misalkan gelombang pertama tanggal sekian-sekian, gelombang kedua tanggal sekian-sekian, jadi akan disesuaikan dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerahnya,” ungkap Gogot.

Ada pun kabupaten/kota di Jawa Timur yang akan menyelanggarkan Pilkada adalah Jember, Situbondo, Banyuwangi, Kota Batu, Malang, Sidoarjo, Kota Surabaya, Ponorogo, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Lamongan, Ngawi, dan Kediri. “Juga ada beberapa kabupaten lain yang akan menggelar pilkada di tahun 2015,” tandas Gogot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com