Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Kaltim: Dipilih Langsung oleh Rakyat, Lebih Memuaskan Hasilnya

Kompas.com - 10/09/2014, 11:44 WIB
Kontributor Samarinda, Hyuna Azamta Asyifa

Penulis


SAMARINDA, KOMPAS.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Awang Faroek Ishak, tidak sepakat dengan Rancangan Undang-undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (RUU Pilkada). Menurut dia, seorang pemimpin akan lebih baik jika dipilih langsung oleh rakyatnya.

“Saya setuju untuk pemilihan gubernur saya setuju dipilih langsung, daripada di tangan DPRD,” kata Awang, Rabu (10/9/2014).

Dari pemilu demokrasi itu pula, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Kaltim itu kini sangat menikmati posisinya sebagai orang nomor satu di Kaltim. Pasalnya, masyarakat Kaltim sendiri yang memercayakan nasib Kaltim lima tahun kepadanya.

“Kalau saya, sangat menikmati kalau dipilih langsung oleh rakyat. Sebab, kita mendapat legitimasi dan dipercaya oleh masyarakat langsung,” ungkapnya.

Awang pernah kalah dalam pemilihan gubernur melalui voting DPRD Kaltim. Kemudian dia mengikuti pemilihan Bupati di Kutai Timur dan menduduki peringkat satu oleh voting DPRD Kutim.

Pemilihan itu begitu cepat dan hasilnya juga sah. Karena itu, dia lebih mendukung pemilu dengan berdemokrasi pada rakyat ketimbang pemilu yang sangat singkat.

“Saya sudah pernah menang dan kalah pada pemilihan yang dilakukan DPRD. Kalah di tingkat provinsi, menang di pemilihan Bupati. Tapi saya jadi gubernur dua periode dalam pemilihan langsung oleh masyarakat, lebih memuaskan hasilnya,” ungkap dia.

Meski demikian, demokrasi yang dimaksudnya adalah Pemilu untuk Gubernur, sedangkan untuk pemilihan bupati/walikota, Awang tidak mau berkomentar lantaran Awang mengaku menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut ke DPR RI.

“Saya setuju demokrasi untuk gubernur, kalau untuk Bupati/Walikota, saya tidak berani komentar. Kita lihat keputusan DPR RI saja,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com