Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi "Pamer" Alat Deteksi Canggih untuk Wajah dalam Pelantikan Anggota DPRD

Kompas.com - 01/09/2014, 09:46 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Provinsi Bengkulu menerjunkan satu kendaraan mobile monitoring center prevention (MMCP) saat pelantikan anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Senin (1/9/2014).

Mobil dengan perlengkapan canggih ini memiliki kemampuan mengenali wajah pengunjung, pergerakan, dan benda-benda berbahaya. Hal ini diterangkan Kepala Bidang Humas Polda Bengkulu AKBP Joko Suprayitno.

Joko Suprayitno menerangkan, selain berfungsi layaknya kamera pengintai, mobil tersebut mempunyai kemampuan mengenali pelat kendaraan bermotor, motion detection, live detection, dan pergerakan mencurigakan, baik di dalam maupun di luar ruangan.

MMCP akan bekerja secara otomatis memberikan alarm kepada petugas jika mengenali pergerakan atau hal mencurigakan. Alat ini dilengkapi dengan jaringan internet berakses cepat, kamera pengintai, dan komputer berteknologi canggih.

Selain menerjunkan MMPC, polisi setempat juga menerjunkan 235 personel, dua peleton Brimob, dua peleton Samapta, satu Barakuda, pengamanan armored personel cabin, alat untuk pengamanan tamu VIP, satu unit penjinak bom, dan dua water cannon.

Pelantikan DPRD Provinsi Bengkulu akan dimulai pukul 10.00 WIB. Sebanyak 45 anggota Dewan terpilih akan segera diambil sumpah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com