Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan HUT RI dengan Menyantap Nasi Liwet Sepanjang 1 Km

Kompas.com - 17/08/2014, 14:49 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Berbagai kegiatan dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk menyambut HUT ke-69 Kemerdekaan RI pada Minggu (17/8/2014).

Di Kota Tasikmalaya, ribuan buruh sebuah pabrik pengolahan kayu, Bineatama Kayone Lestari (BKL) mengadakan acara makan bersama nasi liwet sepanjang satu kilometer. Nasi tersebut beralaskan daun pisang. Makan bersama ini diadakan untuk memaknai hari kemerdekaan dengan tema mempererat kebersamaan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, nasi liwet dengan lauk sederhana seperti ikan asin, sambal dan jengkol itu disajikan di pinggir jalan atau depan bangunan pabrik di Jalan Raya Indihiang. Para buruh pun mengajak serta istri dan anaknya untuk menikmati makanan khas Indonesia itu.

Mereka menyantap makanan berderet sembari duduk bersila dengan penuh suka ria. Selain diikuti para buruh, makan nasi liwet terpanjang di Tasikmalaya ini pun diikuti warga yang rumahnya dekat dengan kawasan pabrik.

"Ini awalnya ide dari para pegawai di sini untuk makan liwet bareng dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI. Eh, disambut baik oleh perusahaan. Jadi kalau di tempat lain lomba-lomba, kita di sini makan liwet bersama," jelas Dede Risman (36), salah seorang pegawai PT BKL Kota Tasikmalaya, di lokasi acara.

Dede yang membawa anaknya ke lokasi acara mengaku semangat ikut memeriahkan kegiatan peringatan kemerdekaan dengan makan nasi liwet. Apalagi, acara ini bisa mempererat kebersamaan seluruh rekan kerja dan juga dengan masyarakat sekitar.

"Ya, seru saja, soalnya makannya bareng-bareng. Lebih terasa kebersamaannya, apalagi di hari kemerdekaan seperti ini," kata Dede.

Sementara itu, Komisaris Utama PT BKL Kota Tasikmalaya, Boy Wijaya mengaku awalnya tak mengetahui para pegawainya akan menggelar acara makan nasi liwet sepanjang ini. Ia mengaku kaget saat datang ke pabriknya melihat deretan pegawai yang sedang makan nasi liwet di depan bangunan pabrik.

Ia pun menyambut baik kegiatan pegawainya itu. Bahkan, ia juga sempat ikut makan bersama mereka.

"Saya kaget datang ke sini sudah ada makanan liwet berderet begini. Ini inisiatif karyawan. Katanya untuk menyambut hari kemerdekaan dan mempererat silaturahmi. Jadi saya senang dan ikut makan juga tadi bareng mereka," ungkap Boy.

Menurut Boy, pihaknya akan menjadwalkan kegiatan seperti ini agar rutin dilakukan. Ke depan, acara makan nasi liwet ini akan dikuhususkan bagi warga setempat dan keluarga seluruh karyawannya yang berjumlah sekitar 3.000 orang.

"Ini sederhana tapi bermakna. Kami hanya mengikuti keinginan mereka menggelar acara makan nasi liwet panjang ini. Ini dari mereka dan untuk mereka," kata Boy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com