Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jatim Tetap Pantau Rencana Baiat ISIS di Masjid Hibaturrahman

Kompas.com - 14/08/2014, 15:19 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Meski masjid tempat rencana digelarnya pembaiatan tokoh Islamic State of Irak and Syria (ISIS) di Sidoarjo sudah ditutup atas kesepakatan warga, tetapi polisi mengaku masih tetap siaga. Jika masih tetap akan digelar, polisi tidak segan-segan membubarkannya.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Awi Setiyono menegaskan, apa pun bentuk kegiatan terkait ISIS menjadi fokus perhatian polisi akhir-akhir ini. "Semua bentuk kegiatan akan dibubarkan, yang terbukti melakukan tindak pidana akan diproses," kata dia, Kamis (14/8/2014).

Soal rencana kegiatan ISIS di Sidoarjo, polres setempat sudah melakukan antisipasi bersama warga dengan menutup Masjid Hibaturrahman di Desa Suwaluh, Kecamatan Balongbendo. "Kami masih pantau itu, jika tetap digelar, ya kita bubarkan," tegas dia.

Seperti diberitakan, masjid yang kerap digunakan sebagai tempat aktivitas pengajian kelompok Islam radikal itu pada akhir pekan lalu disegel oleh warga dibantu kelompok Banser GP Ansor. Selain alasan meresahkan warga, penyegelan juga karena status lahan di masjid tersebut yang masih sengketa.

Beredar kabar bahwa pada 17 Agustus mendatang di masjid tersebut akan ada baiat terhadap tokoh gerakan ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi. Selain baiat, juga ada sosialisasi Khilafah Islamiyah, dengan mendatangkan sejumlah pemateri, seperti Ustaz Afifi Abdul Majid selaku pemimpin Jawa Timur, Ustaz Fauzan Al-Anshori selaku pemimpin Anshorullah, dan M Fahri yang berprofesi sebagai jurnalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com