Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi Diperkosa di WC Lapas, Keluarga Lapor Polisi

Kompas.com - 13/08/2014, 14:05 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Betapa kagetnya Rendra Darmansyah (25) begitu tahu adiknya berinisial St (16) disetubuhi seorang napi lain yang mendekam di Lapas Tanjungraja Ogan Ilir belum lama ini. Hendra makin tak habis pikir, adiknya disetubuhi napi berinisial AS (30) di WC yang ada di lapas tersebut.

"Saya yakin, pihak lapas tahu adik saya dibawa ke WC oleh AS. Kalau ini dicegah oleh pihak lapas, adik saya pasti tidak akan diperkosa AS," kata Hendra, saat berkunjung ke Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rabu (13/8/2014).

Begitu tahu kejadian itu, Rendra langsung melaporkan ke SPKT Mapolres Ogan Ilir. Ia juga berharap, ada sanksi untuk Kepala Lapas Tanjungraja dan petugas lapas yang saat kejadian menurut Rendra tahu kejadian ini.

Akibat kejadian ini, St diketahui trauma. Ia merasa malu untuk berkomunikasi dengan kerabat dan merasa sakit di bagian kemaluan. Sebab itu, St masih dirawat di RSUD Kayuagung.

Menanggapi ini, Budi Sulaksana selaku Kakanwil Kemenkumham Sumsel mengatakan pihaknya sudah menerjunkan tim ke Lapas Tanjung Raja Ogan Ilir. Tujuannya, untuk mencari tahu adakah keterlibatan pihak lapas, terutama dalam mengizinkan napi berbuat mesum dengan memanggil perempuan.

"Kabid keamanan sudah saya perintahkan memeriksa di lapangan. Jika benar terjadi, kita akan bantu pihak kepolisian melakukan penyelidikan," kata Budi.

Terkait penggunaan ponsel dalam lapas, Budi meminta supaya fakta ini disertai bukti tegas. Jika memang ada, pasti akan dikenakan sanksi untuk petugas dan kepala lapas mengapa penghuni lapas bisa menggunakan ponsel.

"Secara administrasi, kita periksa semua. Untuk pidana, kita serahkan ke pihak kepolisian," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com