Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takbir Keliling, Berhadiah TV, Ponsel, hingga Sembako

Kompas.com - 27/07/2014, 22:27 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Berbagai cara dilakukan warga Surabaya dalam meramaikan malam lebaran tahun ini. Warga di kampung ini meramaikan acara takbir keliling dengan undian berhadiah dengan beragam hadiah menarik.

Ratusan warga Jalan Keputran Pasar Kecil RT 04 RW 11, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Minggu (27/7/2014) malam tampak antusias mengikuti takbir keliling.

Dengan mengenakan busana muslim, warga dari anak-anak, pemuda, serta pria dan wanita dewasa itu berbaris tertib mengelilingi perkampungan di sekitar Kelurahan Embong Kaliasin, sembari membaca lantunan kalimat takbir.

"Takbir keliling berhadiah ini juga untuk mengalihkan warga Surabaya agar tidak menggelar takbir keliling di jalan raya sesuai imbauan pihak kepolisian," kata salah satu pengurus Musholla Alhikmah selaku penyelenggara, Bambang Wahyono.

Ada banyak hadiah yang disediakan dari televisi, handphone, kipas angin, hingga sembako yang disediakan penyelenggara dengan total hadiah lebih dari Rp 5 juta. "Takbir keliling ini merupakan rangkaian acara penutup kegiatan Ramadhan, sebelumnya juga ada kegiatan rutin seperti pembacaan Alquran, dan buka bersama setiap akhir pekan," tambah dia.

Sebelumnya, Polrestabes Surabaya mengeluarkan imbauan agar warga Surabaya tidak menggelar takbir keliling di jalanan, untuk menciptakan ketertiban dan menghindari kecelakaan. Yang ingin menggelar takbir keliling, diimbau untuk hanya menggelar di sekitar rumah ibadah dan di sekitar kampung pemukiman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com