Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan Rp 50.000 untuk Pemudik yang Kecopetan

Kompas.com - 26/07/2014, 16:53 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Magelang akan memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 50.000 kepada setiap pemudik yang terlantar akibat kecopetan. Pemudik bisa mendapatkannya jika melapor ke kantor Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kota Magelang dengan menyertakan surat kehilangan dari kepolisian setempat.

"Kita sediakan Rp 50.000 untuk warga terlantar, akibat kecopetan atau ada halangan selama menempuh perjalanan. Syaratnya dengan melampirkan surat kehilangan dari polisi. Di luar itu, kita tidak akan memberi bantuan uang," tandas Kepala Disnakertransos Kota Magelang, Aris Nugroho, Sabtu (26/7/2014).

Menurut dia, adanya penyertaan surat kehilangan dari kepolisian tersebut dijadikan acuan agar tidak ada warga yang hanya berpura-pura tersesat. Sebab, pada saat mudik Lebaran, tindakan seperti itu dinilai sangat rentan terjadi.

"Jika tanpa surat dari kepolisian, sudah pasti jumlah peminta bantuan akan membludak. Ada yang benar-benar terlantar, tapi kemungkinan ada juga yang hanya pura-pura," ujar Aris.

Selain itu, Pemkot Magelang juga memberikan layanan kesehatan gratis selama 24 jam di Posko Pengamanan (Pospam) Lebaran, di Terminal Tidar, Jalan Soekarno-Hatta, sejak sejak H-7 hingga H 7 Lebaran. Menurut Kabag Humas Santel Setda Kota Magelang, Sutomo Hariyanto, siaga kesehatan ini memang disediakan untuk pemudik yang melintasi wilayah Magelang.

"Layanan ini untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada pemudik yang membutuhkan bantuan. Sebab, segala kemungkinan bisa terjadi, apalagi dalam kondisi pemudik usai menempuh perjalanan panjang," urai Sutomo.

Selain itu, pada pelaksanaan hari raya Senin, 28 Juli 2014 nanti, sejumlah rumah sakit dan pelayanan kesehatan akan tetap melayani masyarakat. Salah satunya RSUD Tidar, yang membuka Unit Gawat Darurat (UGD) selama 24 jam. Sedangkan untuk Puskesmas selama dua hari Lebaran, akan ditutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com