Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Jalur Lintas Tengah Disuguhi Rafflesia Mekar

Kompas.com - 22/07/2014, 19:31 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Pemudik yang melintasi jalur lintas tengah Bengkulu-Sumatera Selatan disuguhi pemandangan langka yakni mekarnya bunga rafflesia. Pemandangan itu ditemukan di Kecamatan Taba Penanjung, tepatnya di kilometer 47 kawasan liku sembilan, Bengkulu.

Bunga rafflesia tersebut berada di kawasan hutan lindung dan berjarak 50 meter dari jalan lintas. "Bunga rafflesia ini telah tiga hari mekar, mekarnya hanya satu minggu jadi bagi pemudik yang melintas kawasan dapat singgah untuk melihat, dan berfoto dengan bunga tersebut," kata Roy warga setempat, Selasa (22/7/2014).

Kuntum bunga rafflesia tersebut memiliki diameter 30 sentimeter. Di sekitar jalan tak jauh dari bunga mekar tersebut terdapat spanduk bertuliskan bunga rafflesia mekar.

Tak rugi rasanya bila kita memberikan uang Rp 5.000 kepada pemandu yang akan mengantarkan kita ke lokasi bunga tersebut dari tepi jalan. Bunga Rafflesia merupakan ikon Provinsi Bengkulu yang tumbuh di pedalaman hutan di Bengkulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com