Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan Kembali Terjadi di Lanny Jaya, Tukang Ojek Tewas

Kompas.com - 18/07/2014, 11:28 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis


JAYAPURA, KOMPAS.com – Penyerangan terhadap warga sipil oleh orang tak dikenal kembali terjadi di wilayah Pegunungan Tengah Papua. Nasito (35), warga Kampung Yakobak, Distrik Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang ojek ditemukan tewas dengan luka tembak di Kampung Dugume, Distrik Tiom, Kamis (17/7/2014) petang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, Kepolisian Daerah Papua, Kombes Pol Sulityo Pudjo mengatakan kejadian berlangsung sekitar pukul 17.15 WIT. Sebelum kejadian, menurut Pudjo, sekitar pukul 16.00 WIT, Narsito mengantar penumpang dari Tiom menuju Distrik Malagaineri dan saat kembali ke Tiom, dia membonceng dua orang penumpang.

“Tiba di Kampung Dugume, salah seorang penumpang menembak Nasito dari jarak arah belakang sehingga langsung tewas di tempat. Setelah melakukan aksinya dua penumpang yang masih diselidiki tersebut langsung melarikan diri,” ungkap Pudjo melalui telepon selulernya, Kamis malam.

Mendapat laporan, aparat kepolisian dari Polres Lanny Jaya langsung datang ke lokasi kejadian dan mendapati selongsong peluru FN sekitar satu meter dari jenasah Nasito.

“Jenasah Nasito sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Tiom untuk dilakukan otopsi, sementara kasusnya sudah ditangani Polres Lanny Jaya,” jelas Pudjo.

Pudjo menjelaskan, pihaknya masih melakukan penyelidikan motif pembunuhan di Kampung Dugume tersebut, dan belum dapat memastikan apakah pelaku terkait dengan kelompok kriminal bersenjata yang berkeliaran di wilayah Lanny Jaya.

“Kejadian ini menunjukkan masih ada anggota kelompok bersenjata yang berkeliaran. Kami akan berusaha mengungkap dan menangkap pelaku untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya didepan hukum,” tegas Pudjo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, di wilayah Kabupaten Lanny Jaya terdapat kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan Organisasi Papua Merdeka.

Kelompok bersenjata pimpinan Puron Wenda ini, sudah beberapa kali melakukan penyerangan terhadap aparat maupun warga sipil. Kelompok ini juga sempat dikaitkan dengan penyerangan terhadap Mapolsek Pirime pada 27 November 2012 lalu yang mengakibatkan 3 anggota polisi tewas.

Baca juga: Anggota Polres Lanny Jaya Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com