Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panwaslu Kediri Temukan Warga Mencoblos Dua Kali

Kompas.com - 12/07/2014, 03:02 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyelidiki temuan seorang pemilih yang memberikan suara dua kali dalam Pemilu Presiden 2014.

"Rencananya besok (Sabtu, 12/7/2014) pukul 10.00 WIB dia akan kami mintai klarifikasi, oleh Panwascam Ngancar," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Kediri, Muji Harjito, Jumat (11/7/2014).

Warga yang diduga dua kali memberikan suara itu adalah Anis Tri Pujiana, warga Kecamatan Ngancar. Dia diduga mencoblos di TPS 09 Desa Pandantoyo dan di TPS 8 Desa Jagul, keduanya di Kecamatan Ngancar.

Muji mengatakan klarifikasi dilakukan untuk mengetahui penyebab Anis melakukan dua kali coblosan itu. Klarifikasi tak bisa dilakukan Jumat, ujar dia, karena Anis sakit.

Berdasarkan informasi awal yang didapat Panwaslu Kediri karena mendapat dua undangan memilih. Karenanya, masalah ini diduga dipicu daftar pemilih ganda.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaru Iswara, saat dikonfirmasi wartawan menyatakan tidak ada yang salah dengan formulir C6, undangan itu. KPU, kata dia, sudah melakukan verifikasi faktual melalui petugas Panitia Pemungutan Suara atas temuan ini. Dua undangan tersebut muncul karena Anis diduga memiliki NIK dengan tanggal lahir yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com