Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepi Pemilih, TPS Ditinggal Tidur Petugas

Kompas.com - 09/07/2014, 12:15 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com — Tempat Pemungutan Suara (TPS) III di Kelurahan Bugih, Kecamatan Pamekasan, Jawa Timur, sepi pemilih saat pencoblosan, Rabu (9/7/2014). TPS dari daerah yang juga menjadi tempat tinggal Bupati Pamekasan Achmad Syafii beserta istri, Ani Syafii, ini sampai pukul 11.30 WIB hanya didatangi 228 warga dari 431 pemilih.

Haidar Dardiri, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS III mengatakan, hampir setiap pemilu, jumlah pemilih yang datang tidak lebih dari 250 orang. Pada Pemilu Legislatif 2014, hanya 218 pemilih yang datang.

“Saya heran juga kenapa setiap pemilu jumlah pemilih yang datang di TPS III tidak sampai 70 persen,” kata Haidar.

Haidar menambahkan, minimnya jumlah warga yang datang ke TPS dilatarbelakangi beberapa hal, antara lain karena malas dan tak peduli. Ada juga yang memilih berdagang, dan ada yang sengaja golput. Padahal, sosialisasi sudah disampaikan jauh-jauh hari kepada warga.

Akibat sepinya pemilih yang datang, beberapa petugas KPPS memilih tidur di mushala dekat TPS. Hanya ada beberapa TPS yang melayani warga. “Karena pemilu kali ini bersamaan dengan Ramadhan, petugas yang nganggur memilih tidur. Mungkin juga karena mereka kecapean nonton Piala Dunia,” imbuh Haidar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com