Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asuransi Sapi Didukung tetapi...

Kompas.com - 07/07/2014, 06:45 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Semarang berencana mengasuransikan ternak sapi dan kambing untuk memproteksi risiko kehilangan dan kematian. Namun, rencana tersebut dinilai masih memberatkan peternak yang harus membayar premi asuransi itu.

"Itu sangat bagus dan saya setuju. Namun jika prmi dua persen dibebankan kepada peternak, tentu akan berat," kata Penasihat Kelompok Tani Ternak Bangun Rejo, Desa Polosiri, Kecamatan Bawen, Eko Dodi, Minggu (6/7/2014).

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang, Agus Purwoko Djati, mengatakan peternak yang mau mengikuti program asuransi ini akan dikenakan premi 2 persen per tahun dari harga pasaran. Nilai pertanggungan bila terjadi kehilangan atau kematian dalam skema asuransi ini adalah 80 persen harga pasaran ternak pada saat itu.

Dodi mengakui risiko kehilangan dan kematian ternak memang tak bisa diperkirakan. Asuransi ini, ujar dia, akan mempermudah pula perbankan memberikan pinjaman modal bagi peternak dengan nilai agunan yang lebih kecil pula, karena skema yang ditawarkan merupakan kombinasi produk asuransi dan perbankan.

Namun, kata Dodi, besaran 2 persen masih memberatkan peternak dan dia berharap ada subsidi premi asuransi ini. "Paling tidak peternak dapat subsidi pembayaran premi satu persen,” sebut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com