Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengin Beli Mobil, Pasutri Jual Sapi Milik Tetangga Rp 21,3 Juta

Kompas.com - 01/07/2014, 17:56 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com
- Karena ingin membeli mobil L-300, pasangan suami istri, Saini (26) dan Rusilawati (32), warga Lingkungan Wangkal, Kelurahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro, nekat menjual dua ekor sapi betina milik tetangganya, Bu Musa (71), seharga Rp 21,3 juta.

Awalnya, Senin (30/6/2014), Rusilawati mengajak calon pembelinya, Nawari, ke kandang sapi yang diakuinya sebagai miliknya. Nawari langsung menawar dua sapi betina yang sedang bunting tersebut seharga Rp 21,3 juta. Rusilawati langsung menyetujui tawaran tersebut.

Nawari pun langsung membayar tunai kepada pasangan yang sehari-hari bekerja sebagai petani. Karena merasa sudah menjadi haknya, Nawari menyuruh rekannya, Murawi, untuk mengambil dua ekor sapi dengan menggunakan mobil pikap, Selasa siang (1/7/2014).

Murawi mengaku sempat menuntun sapi tersebut dari kandang yang berada di tengah ladang melewati rumah warga. Bu Musa lalu menemui kandangnya dalam keadaan kosong.

"Saya pagi sudah kasih rumput sapi, terus saya cari rumput lagi. Saat balik ke kandang dua sapi saya sudah nggak ada. Saya langsung teriak-teriak dan pingsan. Salah satu sapinya dalam keadaan hamil," ujar Bu Musa.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Kalipuro, AKP Sudarsono, membenarkan kasus pencurian sapi tersebut.

"Tetangga korban sempat melihat Murawi yang menuntun sapi. Dari pengakuan supir itu lah kami mengamankan pasangan suami istri yang telah menjual sapi milik tetangganya Ibu Musa," ungkapnya.

Bukan hanya Bu Musa yang melaporkan kejadian tersebut, Nawari juga berencana melaporkan pasangan suami istri tersebut karena merasa di bohongi.

"Saat ini, pasangan Rusilawati dan Saini masih diperiksa. Polisi juga mengamankan uang tunai sebesar 21 juta karena yang 300 ribu sudah dibelanjakan oleh pelaku," katanya.

Sementara itu, Rusilawati mengaku menjual sapi milik tetangganya untuk membeli mobil. Dia juga mengaku mengajak pembeli langsung datang ke kandang milik Bu Musa.

"Saya ingin punya mobil buat kerja, jadi saya ngaku punya sapi itu. Ternyata di tawar 21,3 juta. Karena butuh uang saya iyakan saja," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com