Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Penghasilan Pengemis Beda Sejuta sama Wali Kota

Kompas.com - 30/06/2014, 18:50 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, penghasilan pengemis musiman yang selalu menyerbu Kota Bandung setiap memasuki bulan puasa mencapai Rp 5 juta per bulan.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menambahkan bahwa jumlah tersebut didapatkan dari hasil mengemis di pusat keramaian di Kota Bandung.

"Yang pasti (penghasilannya) di atas Rp 5 juta. Beda sajuta (sejuta)-lah sama gaji wali kota," kata Emil di Balaikota Bandung, Senin (30/6/2014).

Untuk menanggulangi serbuan pengemis ke Kota Bandung yang diduga datang dari sejumlah daerah di Jawa Tengah, malam ini Emil memerintahkan satpol PP untuk melakukan razia. Bukan malam ini saja, razia tersebut bakal rutin dilakukan, dibantu aparat TNI sepanjang bulan puasa.

"Saya juga turun untuk memastikan operasi ini berjalan lancar," ujarnya.

Emil mengatakan, para pengemis yang nantinya terjaring razia selanjutnya akan dikumpulkan dan diinterogasi guna mendapatkan keterangan mengenai tempat asal mereka.

"Kami akan pulangkan. Rencananya akan kami kumpulkan besok atau lusa, kami kirim balik ke daerahnya," tutur Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com