Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinta Bocor, Ratusan Surat Suara di Semarang Rusak

Kompas.com - 28/06/2014, 12:20 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Ratusan surat Pilpres 2014 yang ditemukan dalam kondisi rusak saat penyortiran, kebanyakan dikarenakan tinta yang bocor.

KPU Kabupaten Semarang yang telah menyelesaikan pelipatan dan penyortiran surat suara menemukan sedikitnya 103 surat suara dalam kondisi rusak. Secara keseluruhan hingga Sabtu (28/6/2014) siang ini para relawan pelipat berhasil melipat 769.925 surat suara.

"103 surat suara yang rusak sudah kami sortir agar tidak tercampur, persentase kerusakan didominasi karena terkena bloboran tinta dan sobek di bagian tepinya," kata Ketua KPU Kabupaten Semarang Guntur Suhawan.

Pada Pilpres 2014 ini ada 1.996 tempat pemungutan suara (TPS) yang membutuhkan surat suara sebanyak 770.287 lembar. Terkait hal itu KPU Kabupaten Semarang sudah mengirimkan surat rekomendasi ke KPU Provinsi Jawa agar kekurangan logistik berupa surat suara sebanyak 362 lembar bisa dipenuhi sebelum 30 Juni 2014.

"Sehingga kita masih kekurangan surat suara sebanyak 362 lembar. Kondisi tadi sudah kita sampaikan melalui berita acara online agar secepatnya dikirim, menyusul KPU Kabupaten Semarang akan memasukkan logistik ke kotak suara pada 30 Juni 2014 hingga 2 Juli 2014," kata dia.

Guntur menambahkan, logistik Pilpres 2014 yang saat ini seluruhnya masih ditempatkan di Gor Wujil, Ungaran, dijaga ketat petugas keamanan KPU dan aparat Polres Semarang selama 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com