Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Lupa Matikan TV, Ruko di Magelang Ludes Terbakar

Kompas.com - 25/06/2014, 15:49 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Sebuah rumah toko (ruko) yang terletak di Jalan A Yani 24 A, Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, terbakar, Rabu (25/6/2014) siang.

Kejadian itu diduga akibat korsleting arus listrik yang berasal dari kabel televisi. Api melalap habis seluruh isi kamar berukuran 3x3 meter itu, antara lain tempat tidur, televisi 17 inch, pendingin ruangan, dan perabot lainnya.

Api baru dapat dipadamkan setelah dua unit pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian dan memadamkan api, sedangkan untuk memperlancar upaya pemadaman, ruas jalan yang menuju Jalan Sriwijaya, ditutup sementara oleh petugas dari Polres Magelang Kota dan dialihkan menuju alun-alun Kota Magelang.

"Saya kurang tahu awal kejadiannya, saa kami tiba dilokasi, api sudah membumbung tinggi. Tapi bersyukur api segera dapat kami padamkan," ujar Budiyanto, seorang petugas pemadam kebakaran Kota Magelang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena pada saat kejadian, pemilik rumah sedang berada di luar rumah. Namun, kerugian materi yang dialami korban diperkirakan mencapai Rp 5 juta.

Kapolsek Magelang Tengah, AKP I Gede Suardiyasa mengungkapkan, berdasarkan hasil sementara olah tempat kejadian perkara (TKP), kebakaran tersebut terjadi karena ada percikan api dari kabel televisi yang lupa dimatikan saat ditinggal pemilik ruko. Percikan api langsung mengenai kasur busa yang terletak di bawah televisi tersebut.

"Awal kejadian sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu ruko tengah ditinggalkan pemiliknya. Kemungkinan api berasal arus pendek yang berasal dari kabel televisi yang masih menancap dialiran listrik. Sementara disekitar TKP kami pasang garis polisi sampai kondisi benar-benar aman," ujar Gede.

Sementara itu, pemilik rumah, Indrawan Suharli (65), mengaku terkejut mendapat kabar bahwa ruko miliknya terbakar. Indra merasa sudah mencabut aliran lsitrik dan mematikan pesawat televisi sebelum meninggalkan rumah.

“Saat kejadian, saya sedang keluar rumah untuk mengantarkan dagangan ke Kampung Jagoan, Kelurahan Jurang Ombo Utara. Seingat saya, televisi sudah saya matikan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com