Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SK Penggantian Nama Bandara Supadio Sudah Terbit sejak 1979

Kompas.com - 23/06/2014, 14:56 WIB
SUNGAI RAYA, KOMPAS.com — Penggantian nama Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, menjadi Bandara Internasional Sultan Syarif Abdurahman masih dalam proses.

"Untuk SK penggantian nama itu sebenarnya sudah diterbitkan oleh DPRD tahun 1979, dan pada tahun 2000 sudah ditindaklanjuti oleh Kementerian Perhubungan. Hanya saja terus terang kami tidak mengetahuinya," kata Kepala Dinas Operasional Penerbangan PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak Syarif Usmulyani di Sungai Raya, Senin (23/6/2014).

Usmulyani mengatakan, beberapa waktu lalu FPI Kalbar mengusulkan pergantian nama tersebut dengan mengacu pada SK itu. Usmulyani menyatakan, pada intinya PT Angkasa Pura II sudah menyetujui hal itu, tinggal bagaimana pemerintah daerah menanggapi hal tersebut untuk ditindaklanjuti.

"Seperti pergantian nama bandara di daerah lain, sudah banyak yang menggunakan nama raja pertama di masing-masing daerah. Untuk Bandara Supadio sendiri, saya rasa itu memang harus segera diganti juga," kata dia.

Bandara itu awalnya dibangun pada awal tahun 1940-an sebagai Bandar Udara Sungai Durian. Pada tahun 1980-an, bandara itu dinamai Bandar Udara Supadio. Pada awal tahun 2000 rute internasional dibuka dari Bandar Udara Internasional Supadio ke Bandar Udara Internasional Kuching.

Nama Bandar Udara Supadio sebelumnya juga pernah direncanakan diganti menjadi Bandar Udara Internasional Sultan Hamid II pada tahun 2006, tetapi rencana itu dibatalkan. Dalam perjalanan waktu, pengembangan Bandara Supadio terus dilakukan. Dalam waktu dekat bandara ini akan memiliki bangunan terminal baru dengan landasan pacunya yang lebih panjang dan lebar agar menjadi bandara kelas dunia.

Pada 2012 tender untuk pelapisan landasan pacu sepanjang 2.250 meter telah dilakukan, dan pada awal 2013 pelapisan akan dilakukan. Proyek tahun jamak untuk memperluas landasan pacu menjadi 2.500 meter juga dimulai pada tahun 2013. Sebelumnya, pada 2010-2011 landasan pacu diperlebar dari 30 meter menjadi 45 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com