Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KH Asep Maoshul: Ponpes Miftahul Huda Resmi Dukung Prabowo-Hatta

Kompas.com - 19/06/2014, 23:15 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Himpunan Alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda (Hamida), Tasikmalaya, mendeklarasikan diri siap memenangkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Kamis (19/6/2014) malam.

Ketua Dewan Pembina Hamida, KH Asep Maoshul Affandi, menyatakan, alumni pesantren Miftahul Huda yang bergabung dalam Hamida berjumlah ratusan ribu orang yang tersebar di beberapa provinsi dan di 6.500 pesantren di seluruh Indonesia. Mereka, kata Asep, menyatakan diri mendukung Prabowo-Hatta.

Pimpinan Umum Pondok Pesantren Miftahul Huda menyatakan, baru kali pertama semua alumni dan santri pesantrennya menyatakan diri mendukung capres secara resmi. Keputusan ini merupakan hasil kesepakatan ratusan kiai dari seluruh Indonesia.

"Semua yang hadir di sini, ratusan para kiai dari seluruh Indonesia," jelas Asep seusai acara deklarasi, Kamis (19/6/2014) malam.

Adapun soal pernyataan sebelumnya terkait pondok pesantren ini menyatakan mendukung Jokowi-Kalla, Asep membantah keputusan itu resmi dari pesantrennya.

"Saya pimpinan umumnya pesantren ini. Kalau kemarin ada yang datang tim Jokowi ke sini, itu kan tamu yang harus diterima. Jadi kemarin bukan pernyataan resmi pesantren ini," kata Asep sekaligus saudara kandung KH Abdul Aziz Affandi, salah satu pimpinan pesantren yang sama.

Menurut Asep, dukungan pesantren dan alumninya ke Prabowo-Hatta karena capres ini dinilai nantinya bisa membawa aspirasi pesantren.

"Saya nyatakan inilah keputusan resmi dukungan para kiai dan pesantren ini kepada Prabowo-Hatta," ungkap Asep.

Diberitakan sebelumnya, pengurus Pesantren Miftahul Huda pernah menyatakan diri mendukung pasangan capres nomor dua, Jokowi-Kalla. Pernyataan itu diutarakan salah satu pimpinan pesantren, KH Abdul Aziz Affandi, yang merupakan adik dari KH Asep Maoushul Affandi.

Pernyataan dukungan ke capres nomor dua ini disampaikan saat menerima kunjungan Ketua GP Anshor, Nusron Wahid, yang merupakan salah satu anggota tim sukses Jokowi-Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com