Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puan Optimistis Jokowi-JK Menangkan Suara di Luar Negeri

Kompas.com - 18/06/2014, 19:29 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com -- Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PDI-P Puan Maharani menyatakan optimistis pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-Jusuf Kalla akan memenangkan suara pemilih luar negeri pada Pemilu Presiden 9 Juli 2014.

Keyakinan itu muncul karena saat Pemilu Legislatif 9 April lalu, kata Puan, PDI-P sukses meraih suara sampai 60 persen dari jumlah pemilih di luar negeri. Demikian diungkapan Puan Maharani seusai menghadiri rapat koordinasi pemenangan Capres Jokowi-JK di Kendari, Rabu (18/6/2014).

"Kami optimis bakal memenangkan suara luar negeri pada pemilihan presiden mendatang. Itu bukan mimpi tetapi berdasarkan fakta perolehan suara pemilihan legislatif yang mencapai 60 persen," katanya.

Untuk menarik suara pemilih di luar negeri, lanjut Puan, pihaknya tidak mungkin melakukan kampanye terbuka guna menyosialisasikan Jokowi-JK.

"Jadi kampanye yang kami lakukan melalui media sosial juga strategis. PDI-P juga memberdayakan kader dan simpatisan yang ada di negara-negara tersebut," ujarnya.

Puan melanjutkan, koalisi partai politik pendukung pasangan nomor urut 2 menargetkan kemenangan di atas 50 persen pada Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang. Target itu bisa dicapat dengan syarat KPU, Bawaslu, penguasa dan TNI/Polri bekerja profesional.

“Kami optimis menang asal semua pihak memberikan kedaulatan kepada rakyat. Penyelenggara pemilu menjalankan fungsi sesuai amanat UU,” tegasnya.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan Capres dan Cawapres, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa nomor 1 dan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan nomor urut 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com