Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Unsur Kampanye, Aksi Bersih Sungai TNI Masuk Muri

Kompas.com - 12/06/2014, 14:43 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com — Ribuan orang yang terdiri dari TNI, Polri, dan elemen masyarakat bergotong royong tanpa terkait aktivitas kampanye membersihkan Sungai Pelayaran mulai dari Kecamatan Sayung hingga Karangtengah, Demak, Kamis (12/6/2014).

Aksi simpati bersih sungai sepanjang jalur pantura Demak dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diprakarsai Kodim 0716 Demak berhasil masuk Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) kategori membersihkan sungai dengan peserta terbanyak.

"Tadi sudah kita hitung, peserta yang mengikuti kegiatan membersihkan sungai jumlahnya 27.000 orang. Rekor ini berhasil dipecahkan oleh TNI Kodam IV Diponegoro dan Muri resmi mencatatnya pada urutan rekor ke-6.523 dengan kriteria superlatif," kata Paulus Pangkah, Senior Manajer Muri.

"Tidak ada unsur kampanye dalam kegiatan ini, tadi kita tidak menemukan peserta yang mengenakan atribut kampanye capres. Ini murni untuk mendekatkan TNI dengan masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Danrem 073 Makutarama Kolonel Kavaleri Bueng Wardadi mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai ini terbagi dalam 13 titik sektor sepanjang 20 kilometer, mulai dari Sayung hingga Karangtengah. Aksi ini melibatkan 27.000 orang lintas elemen seluruh masyarakat Demak.

"Kita menerjunkan 1.500 personel TNI untuk mendukung kegiatan bersih sungai ini," ungkap Bueng Wardadi yang didampingi Dandim 0716 Demak, Letkol Infantri Ari Arianto.

"Bersih sungai ini untuk membersihkan wajahnya Kota Demak. Satu orang membersihkan sungai sepanjang 1,5 meter," kata Ari lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com