Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pura-pura Jadi Petugas PDAM, Perampok Bawa Kabur Emas dan Rp 2 Juta

Kompas.com - 04/06/2014, 17:11 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com
- Rumah Ho Ming Han (52) di Jalan Sentot Basah Prawirodirdjo, Kampung Panggungsari, Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, disatroni kawanan perampok, Rabu (4/6/2014) siang. Kawanan perampok yang diduga lebih dari dua orang tersebut berhasil membawa kabur perhiasan emas seberat 3 ons dan uang senilai Rp 2 juta.

Kasatreskrim Polres Magelang Kota, AKP Suyatno mengatakan, kawanan perampok tersebut masuk ke dalam rumah Ho Ming Han dengan cara menyamar sebagai petugas PDAM yang hendak memeriksa air minum.

“Saat itu, pemilik rumah Ho Ming Han sedang tidak ada di rumah, karena sedang ada keperluan bisnis di Yogyakarta dan ditemui oleh ibunya yakni Ny Hoo Guan Swie (95) dan ditemani oleh seorang pembantunya, Keni Safitri (21),” kata Suyatno.

Suyatno melanjutkan, setelah bertemu dengan Ho Guan Swie dan Keni Safitri, pelaku yang memakai seragam mirip pegawai PDAM tersebut meminta ditunjukkan kamar mandi dan menaburkan bubuk semacam pembasmi jentik nyamuk. Pelaku juga meminta ditunjukkan tempat gudang di garasi.

“Namun, setelah dua orang tidak dikenal tersebut meninggalkan rumah, Ho Guan Swie terkejut karena mendapati salah satu kamar di dalam rumahnya tersebut berantakan. Selain itu, sejumlah perhiasan emas yang mempunyai berat sekitar 3 ons dan uang tunai Rp2 juta yang di simpan di dalam sebuah kotak khusus juga hilang,” papar Suyatno.

Suyatno menduga pelaku lebih dari dua orang. Kedua orang yang mengaku petugas PDAM tersebut hanya berperan untuk mengelabui penghuni rumah. Pelaku lainnya mengobrak-abrik salah satu kamar.

“Kemungkinan besar pelaku lebih dari dua orang dan menggunakan sepeda motor untuk melarikan diri,” ujarnya.

Dari hasil olah TKP, pelaku tidak melakukan perusakan pintu kamar dan hanya mengobrak –abrik isi kamar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com