Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Pendaki yang Terluka di Gunung Raung Sudah Dibawa Turun

Kompas.com - 30/05/2014, 04:02 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Purwadi (21), pendaki gunung asal Solo, Jawa Tengah, yang cedera saat mendaki Gunung Raung di perbatasan Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso, di Jawa Timur, sudah bisa dibawa turun pada Kamis (29/5/2014). Saat ini, dia dirawat di Puskesmas Kalibaru, Banyuwangi.

"Purwadi mengalami hipotermia. Ia berhasil dibawa oleh tim pertama. Dari pos Wonorejo langsung dibawa ke Puskesmas Kalibaru dengan menggunakan ambulans," ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Eka Muharam, saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Adapun satu pendaki lain bernama Ujang Mudiyanto, lanjut Eka, masih dalam perjalanan. Ujang juga terluka dalam pendakian tersebut. Ujang diperkirakan sampai di Wonorejo pada Jumat siang. Ujang mengalami luka pada bagian kepala sehingga harus dibawa dengan tandu.

Sementara itu, delapan pendaki lain yang naik gunung ini bersama Purwadi dan Ujang dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok ikut turun bersama tim penolong Purwadi, sementara sebagian lain ikut dalam rombongan penolong Ujang.

"Dari 10 pendaki, hanya satu perempuan. Sisanya laki-laki. Kami targetkan besok siang (Jumat), semua sudah sampai di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru," kata Eka.

Diberitakan sebelumnya 10 pendaki asal Solo terjebak di Kamp 9 Gunung Raung. Selain kehabisan logistik, dua pendaki tidak bisa melanjutkan perjalanan karena cedera.

Saat ini, Gunung Raung berstatus Waspada setelah tercatat menunjukkan peningkatan aktivitas kegunungapian pada Januari 2014. Dengan status ini, area dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung dinyatakan sebagai zona steril tanpa aktivitas manusia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com